Pantangan Makanan Pasien Penyakit Cacar

Penyakit yang disebabkan virus varicella zoster (VSV) ini bisa menyerang siapapun baik balita hingga orang dewasa. Bagi orang yang sedang mengalami cacar air, tidak hanya aktivitas yang dibatasi tetapi makanan juga menjadi salah satu tantangan utama. Jika ingin lekas sembuh dari penyakit cacar ini maka harus bisa memilah dan memilih makanan yang cocok dan mana makanan yang tidak baik dikonsumsi. Makanan yang paling utama harus dihindari adalah makanan yang berbau amis dan yang mengandung lemak berlebihan, sedangkan makanan yang baik untuk penderita cacar air adalah sayuran dan buah-buahan segar. Berikut ini beberapa makanan yang pantang dikonsumsi atau harus dihindari oleh penderita penyakit cacar air:

Makanan Gorengan dan Berminyak
Makanan berminyak seperti kacang tanah, gorengan, opor, dan lain sebagainya tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit cacar air karena dapat menimbulkan ruam pada kulit semkain parah. Sebaiknya penderita cacar air mengkonsumsi menu yang dikukus atau direbus, sayur-sayuran atau buah-buahan saja. Mengkonsumi makanan seperti gorengan akan membuat kondisi kulit yang terkena cacar air akan semakin parah, oleh sebab itu sebaiknya menghindari makanan yang diolah dengan digoreng.

Produk Susu
Saat sedang terserang penyakit cacar air sebaiknya menghidari semua produk makanan yang mengandung susu, seperti es krim, keju, mentega, ogurt dan lain sebagainya. Produk-produk makanan yang mengandung susu menyebabkan kondisi kulit menjadi berminyak sehingga akan menimbulkan masalah kulit lainnya atau membuat kondisi kulit yang terkena cacar air akan semakin parah.

Makanan Berbau Amis
Makanan ini contohnya seperti ikan, ayam, daging sapi, dan lain-lain. Konsumsi daging merah dapat membuat tubuh menjadi panas. Sedangkan saat terkena penyakit cacar air biasanya orang akan mengalami demam sehingga sebaiknya menu ini dihindari agar tubuh tetap dingin dan tidak terkena infeksi. Tubuh yang dingin akan membuat penyakit tidak semakin parah.

Junk Food
Memang tidak ada hal yang akan memperparah sakit cacar Anda saat mengkonsumsi makanan siap saji tetapi makanan siap saji ini jelas tidak akan mencukupu kebutuhan nutrisi anda sehingga lebih baik jika dihindari daripada membuat perut terasa mual dan tidak nyaman.

Buah Citrus
Meski penderita cacar air disarankan mengkonsumsi serat dari buah-buahan tetapi untuk aneka buah jeruk dan sejenisnya lebih baik dihindari terlebih dahulu. Buah yang kaya akan kandungan asam tinggi akan memicu reaksi iritasi dan membuat kulit menjadi semakin gatal.

Makanan Pedas
Makanan-makanan pedas selain membuat kulit semakin gatal juga membuat peradangan semakin parah dan kering sehingga akan memicu reaksi iritasi. Jika kondisi kulit seperti Anda rasakan maka kesembuhan dari penyakit cacar ini akan lebih lama.

Makanan Asin
Tidak hanya makanan pedas yang akan memicu rasa gatal berlebih, dan menciptakan bekas luka tetapi makanan asin juga akan menimbulkan hal ini. Oleh karena itu, orang yang terserang penyakit cacar air tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan seperti ini.

Cokelat
Kandungan cokelat akan menjadi asam di dalam tubuh ketika dikonsumsi. Asam dalam tubuh inilah yang akan mengakibatkan kulit menjad iritasi

Kopi
Untuk anak balita sudah pasti dilarang mengkonsumsi kopi meski dalam keadaan sedang tidak terserang penyakit cacar air. Tapi, bagaimana untuk orang dewasa yang sudah kecanduan dengan kopi. Bagi orang dewasa yang sedang terserang penyakit cacar air sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi kopinya karena kopi memiliki dampak yang sama seperti cokelat.

Olahan dari Terigu atau Gandum
Makanan olahan dari terigu atau gandum tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit cacar air. Selain itu, makanan yang terbuat dari bahan terigu atau gandum akan membuat badan terasa ngilu-ngilu.

0 Response to "Pantangan Makanan Pasien Penyakit Cacar"

Posting Komentar